Text
Rancang bangun aplikasi web edukasi keamanan siber berdasarkan Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2
Penelitian ini melakukan rancang bangun aplikasi web edukasi keamanan siber menggunakan bahasa pemrograman PHP dan metodologi prototyping sebagai media pembelajaran atas rendahnya pemahaman masyarakat terkait keamanan siber. Aplikasi edukasi dibangun berbasis web dengan metode penyampaian materi melalui teks serta dilengkapi dengan pre test dan post test pada area kompetensi safety mengacu pada pedoman dari UNESCO dengan judul Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. Pada penelitian ini menggunakan tiga dari empat model research and development design four-d model yaitu define, design, dan develop untuk menjabarkan area kompetensi safety kedalam bentuk indikator dan pertanyaan. Penjabaran variabel menyesuaikan aturan dalam Taksonomi Bloom pada ranah kognitif, kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas meliputi pengujian validitas butir soal dan kevalidan soal, serta pengujian reliabilitas terhadap 50 responden menggunakan rumus perhitungan KR 20. Pengujian tersebut menyatakan bahwa indikator dan pertanyaan dinyatakan valid serta reliabel dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,788. Rancang bangun aplikasi dilengkapi dengan model perancangan aplikasi menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD) dan Unified Modeling Languages (UML), meliputi use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Selain itu pada sistem juga dilakukan pengujian berupa functional testing dan user acceptance test. Functional testing dilakukan terhadap kebutuhan fungsional dan nonfungsional aplikasi yang mana dinyatakan bahwa aplikasi sesuai dengan kebutuhan yang telah dijabarkan. User acceptance test dilakukan sebagai penilaian terhadap aplikasi dengan presentase yang di dapatkan adalah 81,11%.
No other version available