Text
Bahan ajar pemrograman berorientasi objek
DAFTAR ISI
1 Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
1.1 Paradigma Pemrograman
1.1.1 Imperatif dan Deklaratif
1.1.2 Pemrograman Terstruktur
1.1.3 Pemrograman Prosedural
1.2 Pemrograman Berorientasi Objek
1.3 Konsep Dasar PBO
1.3.1 Objek dan Kelas
1.3.2 Encapsulation
1.3.3 Inheritance
1.3.4 Polymorphism
1.4 Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek
1.5 Perbedaan PBO dengan Pemrograman Prosedural
1.6 Kelebihan dan Kekurangan PBO
1.7 Evaluasi
2. Pengantar Pemrograman Java
2.1 Sejarah Singkat Java
2.2 Fitur dan Kelebihan Java
2.3 Konsep Dasar Pemrograman Java
2.4 Menginstal IDE Java
2.5 Membuat Program dengan Netbeans
2.6 Tipe Data dan Variabel
2.7 Operator dan Ekspresi
2.8 Konversi Tipe Data
2.9 Sistem Input & Output
2.10 Array
2.11 Evaluasi
3. Menggunakan Method
3.1 Membuat dan Memanggil Method
3.2 Penentu Hak Akses
3.3 Parameter dan Nilai Balikan
3.4 Lingkup Variabel
3.5 Method Overloading
3.6 Rekursi
3.7 Evaluasi
4. Struktur Kendali Program
4.1 Pernyataan Seleksi
4.1.1 Pernyataan IF
4.1.2 Pernyataan Switch
4.1.3 Pernyataan Kondisi Bersarang
4.2 Pernyataan Perulangan
4.2.1 Perulangan While
4.2.2 Perulangan Do-While
4.2.3 Perulangan For
4.2.4 Perulangan Bersarang
4.3 Pernyataan Perloncatan
4.3.1 Pernyataan Break
4.3.2 Pernyataan Continue
4.3.3 Pernyataan Return
4.4 Evaluasi
5. Kelas dan objek
5.1 Costum Class
5.2 Membuat Objek
5.3 Menggunakan Konstruktor
5.4 Memahami Kata Kunci Static
5.5 Kelas Bersarang
5.6 Evaluasi
6. Encapsulation & Package 150
6.1 Encapsulation
6.2 Menggunakan Package
6.3 Membuat & Menggunakan File JAR
6.4 Evaluasi
7. Inheritance
7.1 Superclass dan Subclass
7.2 Menggunakan Pewarisan
7.3 Pewarisan Multilevel
7.4 Pewarisan Hierarki
7.5 Evaluasi
8. Polymorphism
8.1 Konsep Polymorphism
8.2 Method Overriding
8.3 Menggunakan Kata Kunci Final
8.4 Abstract Class
8.5 Interface
8.6 Evaluasi
9. Penanganan Eksepsi
9.1 Tipe Eror Program
9.2 Blok try catch
9.3 Menggunakan Blok Finally
9.4 Menggunakan Kata Kunci Throws
9.5 Evaluasi
10 . Object Oriented Analysis
10.1 Analisis Berorientasi Objek
10.2 FURPS
10.3 Use Case
10.4 User Stories
10.5 Identifikasi Objek
10.6 Evaluasi
11. Pemodelan Berorientasi objek
11.1 Diagram Konsep Objek
11.2 Class Responsibility Collaboration Card
11.3 Unified Modeling Language
11.4 Use Case Diagram
11.5 Class Diagram
11.6 Activity Diagram
11.7 Sequence Diagram
11.8 Evaluasi
12. Code Refactoring
12.1 Mengenal Code Refactoring
12.2 Code Smells
12.3 Method Level Refactoring
12.3.1 Extract & Inline Method
12.3.2 Method Variabel
12.4 Class Level Refactoring
12.5 Evaluasi
13. Design Pattern
13.1 Design Pattern
13.2 Strategy Pattern
13.3 Decorator Pattern
13.4 Singleton Pattern
13.5 Evaluasi
14. Design Principles
14.1 Prinsip Desain
14.2 SOLID
14.2.1 Single Responsibility Principle
14.2.2 Open-Closed Principle
14.2.3 Liskov Substitution
14.2.4 Interface Segregation
14.2.5 Dependency Inversion
14.3 Evaluasi / Soal Latihan
15. Studi Kasus
15.1 Tujuan Pembelajaran
15.2 Java Cryptography Architecture
15.3 Evaluasi / Soal Latihan
No other version available