Text
Classic cipher game berbasis mobile application sebagai alat bantu ajar mata kuliah Pengantar Persandian Taruna Poltek SSN
Abstrak:
Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang menyelenggarakan pendidikan dalam bidang siber dan sandi. Pengantar Persandian merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dilalui oleh Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara pada semester pertama yang memuat materi-materi dasar persandian. Berdasarkan rata-rata nilai Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester Taruna Poltek SSN pada mata kuliah Pengantar Persandian lima tahun terakhir, 25% dari keseluruhan Taruna mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Gamifikasi merupakan serangkaian kegiatan dan proses untuk memecahkan masalah dengan menggunakan atau menerapkan karakteristik elemen game. Dengan menerapkan gamifikasi pada pembelajaran Mata Kuliah Pengantar Persandian, dapat membantu Taruna Poltek SSN dalam memahami materi pada Mata Kuliah Pengantar Persandian. Untuk menilai tingkat pemahaman dan pengetahuan Taruna, Taruna akan diberikan pre-test sebelum bermain game dan post-test setelah bermain. Untuk menilai apakah aplikasi dapat digunakan sebagai alat bantu ajar, akan menggunakan penilaian user acceptance test yang diberikan kepada Taruna responden. Hasil pre-test dan post-test akan dianalisis dengan menggunakan Uji-t berpasangan. Penelitian menyimpulkan bahwa Aplikasi Classic Cipher Game berbasis mobile telah terbukti efektif sebagai alat bantu ajar dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan taruna mengenai Mata Kuliah Pengantar Persandian di Poltek SSN.
Abstract:
Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) is an official university under the auspices of the National Cyber and Crypto Agency (BSSN) which organizes education in the field of cipher and cyber. Introduction to Cryptography is one of the courses that must be passed by Cadets of Poltek SSN in the first semester which contains basic cipher materials. Based on the average score of the Poltek SSN Cadets' Midterm and Final Semester Examinations in the Introduction to Cryptography course in the last five years, 25% of all cadets scored below the Minimum Completion Criteria. Gamification is a series of activities and processes to solve problems by using or applying game element characteristics. By applying gamification to learning the Introduction to Cryptography Course, it can help Poltek SSN Cadets in understanding the material in the Introduction to Cryptography Course. To assess the level of comprehension and knowledge of the Cadets, a pre-test will be administered to the Cadets before they play the game, followed by a post-test after the gaming session. To evaluate whether the application can be effectively utilized as an educational tool, a user acceptance test will be conducted, and feedback will be collected from the Cadets, who will serve as respondents. The results of the pre-test and post-test will be analyzed using a paired t-test The research concludes that the mobile-based Classic Cipher Game Application has proven effective as an educational tool in improving the understanding and knowledge of cadets about Introduction to Cryptography Course at Poltek SSN.
No other version available