Text
Pemrograman dasar Turbo C untuk IBM PC
Daftar Isi
I. Sekilas Tentang C
1.1. Ruang Lingkup Pemakaian C
1.2. C Sebagai Bahasa Aras Menengah
1.3. Kelebihan dan Kelemahan C
1.4. Asal Mula C
1.5. Interpreter dan Kompiler
1.6. Turbo C
II. Pengenalan Program Turbo C
2.1. Fungsi, Penyusunan Program
2.2. Fungsi main()
2.3. Pengenalan Fungsi printf()
2.4. Pengenalan Praposesor #include
2.5. Pengenalan Lebih Lanjut Fungsi printf()
2.6. Gaya Penulisan Program
2.7. Komentas Dalam Program
III. Dasar Pemrograman
3.1. Pengenal
3.2. Kata Kunci
3.3. Tipe Data Dasar
3.4. Variabel
3.5. Pemodifikasi Tipe
3.6. Konstanta
3.7. Operator
3.8. Tabel Prioritas Operator
3.9. Ungkapam
3.10. Konversi Tipe Dalam Ungkapan
3.11. Mendefinisikan Konstanta Simbolis
IV. Operasi Masukan-Keluaran
4.1. Menampil Data/Informasi ke Layar
4.2. Memasukkan Data dari Keyboard
V. Pengambilan Keputusan
5.1. Operator Relasi
5.2. Operator Logika
5.3. Prioritas Operator Logika dan Relasi
5.4. Nilai Benar dan Salah
5.5. Pernyataan if
5.6. Pernyataan if-else
5.7. Pemakaian if dalam if
5.8. Pemakaian Operator Logika
5.9. Penggunaan if-else Bertingkat
5.10. Operator Kondisi
5.11. Pernyataan switch
VI. Pengulangan Proses
6.1. Pernyataan do-while
6.2. Pernyataan while
6.3. Pernyataan for
6.4. Loop di dalam Loop
6.5. Loop yang Tak Pernah Berhenti
6.6. Pernyataan break
6.7. Pernyataan continue
6.8. Pernyataan goto
6.9. Menggunakan exit() untuk Menghentikan Eksekusi Program
VII. Fungsi
7.1. Dasar Fungsi
7.2. Memberikan Nilai Akhir Fungsi
7.3. Fungsi Dengan Nilai Keluaran Bertipe Bukan Integer
7.4. Prototipe Fungsi
7.5. Parameter Formal dan Parameter Faktual
7.6. Cara Melewatkan Parameter
7.7. Penggolongan Variabel Berdasarkan Kelas Penyimpanan
7.8. Menciptakan Sejumlah Fungsi
7.9. Rekursi
7.10. Pengenalan Konsep Pemrograman Terstruktur
VIII. Array
8.1. Array Berdimensi Satu
8.2. Array Berdimensi Dua
8.3. Array Berdimensi Banyak
8.4. Insialisasi Array Tak Berukuran
8.5. Array Sebagai Parameter
8.6. Batasan Nilai Indeks Array
IX. String
9.1. Konstanta String
9.2. Variabel String
9.3. Memasukkan Data String dari Keyboard
9.4. Inisialisasi String
9.5. Menampilkan Isi Variabel String ke Layar
9.6. Mengakses Elemen String
9.7. Beberapa Fasilitas untuk Operasi Karakter
9.8. Beberapa Fungsi Mengenai String
9.10. Array dari String
X. Pointer
10.1. Pointer Menunjuk Obyek Lain
10.2. Mendeklarasikan Variabel Pointer
10.3. Mengatur Pointer Agar Menunjuk ke Variabel Lain
10.4. Mengakses Isi Variabel Melalui Pointer
10.5. Tipe Variabel Pointer dan Tipe Obyek yang Ditunjuk
10.6. Mengubah Isi Variabel Melalui Pointer
10.7. Pointer dan Array
10.8. Pointer dan String
10.9. Array dan Pointer
10.10. Inisialisasi Array Pointer
10.11. Pointer Menunjuk Pointer
10.12. Pointer dan Fungsi
10.13. Catatan Tentang ivalue dan rvalue
XI. Struktur dan Fungsi Berantai
11.1. Mendefinisikan Struktur
11.2. Mengakses Elemen Struktur
11.3. Array dan Struktur
11.4. Inisialisasi Struktur
11.5. Struktur dan Fungsi
11.6. Melewatkan Struktur Dalam Fungsi
11.7. Struktur dan Pointer
11.8. Variabel Dinamis
11.9. Aplikasi Daftar Berantai
XII. Union, Bitfield, Enumerasi, dan Typedef
12.1. Union
12.2. Bitfield
12.3. Enumerasi
12.4. Typedef
XIII. Disain Layar
13.1. Menampilkan Keluaran ke Layar
13.2. Koordinat Layar untuk Mode Teks
13.3. Menghapus Layar
13.4. Menempatkan Kursor
13.5. Memperoleh Posisi Kursor
13.6. Pengaturan Warna Teks
13.7. Menyalin Isi Layar ke Suatu Penampung
13.8. Menyalin Isi Penampung ke Layar
13.9. Menyalin Isi Layar ke Layar
13.10. Memilih Mode Teks
13.11. Jendela Mode Teks
13.12. Menyisipkan, Menghapus Baris
13.13. Memperoleh Informasi Video
XIV. Keyboard, Jam, Suara, Pembangkit Bilangan Acak dan Penundaan Eksekusi
14.1. Membaca Kode Tombol
14.2. Mengetahui Ada-Tidaknya Tombol yang Ditekan
14.3. Pemasukan String dari Keyboard dengan Membatasi Panjangnya
14.4. Menghapus Isi Penampung Keyboard
14.5. Menunda Eksekusi
14.6. Memperoleh Data Tanggal
14.7. Memperoleh Data Jam
14.8. Mencacah Waktu
14.9. Membangkitkan Bilangan Acak
14.10. Membunyikan Speaker PC
XV. Operasi File
15.1. Struktur File
15.2. Tahapan Operasi File
15.3. Operasi Penyimpanan dan Pembacaan File per Karakter
15.4. File Biner dan Teks
15.5. Operasi Penyimpanan dan Pembacaan File per Int
15.6. Operasi Penyimpanan dan Pembacaan File per Blok
15.7. Menyimpan dan Membaca Data String pada File
15.8. Menyimpan dan Membaca Data File yang Diformat
15.9. Pengakses File Biner Secara Acak
15.10. Operasi File Tak Berpenampung
15.11. Menghapus File
15.12. Mengganti Nama File
15.13. STREAM, Stdin, Stdout
15.14. Mencetak ke Printer
15.15. Redirection
XVI. Topik Tambahan
16.1. Operator Koma
16.2. Membuat Makro dengan Argumen
16.3. Penyertaan File include
16.4. Parameter Baris-Perintah
16.5. Kompilasi Bersyarat
16.6. Kompilasi Program dengan File-Sumber Berganda
XVII. Pemrograman Grafik
17.1. Pendukung Grafik
17.2. Perintah Dasar Grafik
17.3. Mengakses Piksel
17.4. Memindah Penunjuk Gambar
17.5. Membuat Garis
17.6. Mengatur Bentuk Garis
17.7. Membuat Kotak
17.8. Membuat Poligon
17.9. Membuat Busur Lingkaran dan Elips
17.10. Membuat Lingkaran
17.11. Mengatur Warna Gambar dan Latar Belakang
17.12. Pindah Sementara dari Mode Grafik ke Mode Teks
17.13. Membuat Berbagai Gambar Diarsir atau Diblok
17.14. Menampilkan Teks pada Mode Grafik
17.15. Menghapus Layar
17.16. Menggunakan Viewport
17.17. Memperoleh Berbagai Informasi Grafik
17.18. Animasi Grafik
17.19. Menyimpan Gambar ke Disk
17.20. Membaca Data Gambar dari Disk
XVIII. Fungsi dan Makro Tambahan
18.1. Fungsi dan Makro Matematik
18.2. Fungsi Konversi String-Bilangan
18.3. Makro untuk Operasi Karakter
18.4. Makro untuk Memperoleh Nilai Terbesar dan Terkecil
18.5. Fungsi untuk Operasi String
18.6. Fungsi dan Makro yang Berkaitan dengan Sistem
No other version available