Text
Teknik menggambar desain grafis CorelDRAW X4
Daftar isi:
1. FASILITAS BARU PADA CORELDRAW X4
1.1 Membuka isi paket coreldraw grapich suite X4
1.2 Persyaratan yang diperlukamn
1.3 Hal hal baru pada coreldraw X4
2. MEMAHAMI BIDANG KERJA DAN SARANA DASAR
2.1 Membuka didang gambar baru
2.2 Toolnar dan sarana lain
2.3 Membuka file dari media penyimpanan
2.4 Membuka file berikutnya tanpa menutup file yang saat ini masih terbuka
2.5 Mengatur ukuran dan orientasi halaman gambar
2.6 Menggunakan layout dan label
2.7 Memberi judul halaman
2.8 Mengontrol halaman
2.9 Menggunakan page soter
2.10 Mengendalikan file kerja
2.11 Memilih satuan ukuran
2.12 Memanfaatkan ruler
2.13 Menentuka opsi pada ruler
2.14 Mengatur skala gambar
2.15 Menggunakan grid
2.16 Mengaktifkan snap to
2.17 Memanfaatkan guidelines
2.18 Menggunakan dynamic guides
2.19 Membatalkan dan mengulang perintah terakhir
3. MENATA TAMPILAN LAYAR
3.1 Mengenal macam macam tampilan layar
3.2 Zoom untuk mengatur pembesaran view
3.3 Menggunakan hand tool
3.4 View navigator
4. MENGGAMBAR BBENTUK GEOMETRI
4.1 Menggunakan rectangle tool
4.2 Menggunakan elipse tool
4.3 Menggunakan pilygon
4.4 Menggunakan basic shape tool
4.5 Perintah mengonversi outline menjadi object
5. MENGELOLA OBJEK GAMBAR
5.1 Macam macam cara memilih objek
5.2 Teknik memilih objek gambar
5.3 Memindahkan objek gambar
5.4 Berbagai teknik membuat salinan gambar
5.5 Membuat salinan dengan perintah copy dan paste
5.6 Membuat clone
5.7 Menggunakan cut dan paste
5.8 Mengelompokan objek dan grup
5.9 Tranformasi objek gambar
5.10 Melakukan tranformasi secara presisi
5.11 Fillet,scallop,dan champer
5.12 Mengatur susunan objek dan order
6. MENGGAMBAR GARIS
6.1 Macam macam line tool pada coreldraw X4
6.2 Memformat garis dan outline
6.3 Meng-copy warna dan ouline
6.4 Menggambar garis lurus
6.5 Menggambar kurva lengkung
6.6 Menggambar kurva dengan lengkungan tertentu
6.7 Menggunakan artistic
6.8 Menggambar dengan sprayer
6.9 Menggunakan pena kaligrafi
6.10 Mengedit bezier path
6.11 Latihan menggunakan ikon path editing
6.12 Memahami compound paths
6.13 Menggabung path dengan combine
6.14 Memecah bentuk path
6.15 Mengonversikan objek gambar menjadi kurva
6.16 Menggunakan dimension line tool
6.17 Menggunakan interactive connector tool
6.18 Membuat tabel dengan tabel tool
7. MEMOTONG DAN MEMBENTUK OBJEK GAMBAR
7.1 Alat alat pembentuk objek gambar
7.2 Shaping menggunakan docker
7.3 Melakukan croping pada objek
7.4 Menggunakan knife tool
7.5 Menggunakan sraser tool
7.6 Menggunakan smudge brush tool
8. MENGORGANISASIKAN OBJEK GAMBAR
8.1 Mengenal symbol
8.2 Unsur unsur dalam simbol
8.3 Menggunakan symbol manager
8.4 Mengonversikan objek menjadi simbol
8.5 Menyisipkan syimbol ke bidang gambar
8.6 Mengedit syimbol
8.7 Perataan dan penyebaraan objek gambar
8.8 Tombol pintas distribute
8.9 Mengatur alignment letak objek
8.10 Tombol pintas alignment
8.11 Menggunakan objek manager
8.12 Menjelajahi halaman,objek,dan layar
8.13 Objek manager untuk mengedit dan memilih gambar
8.14 Menggunakan layar propertis
8.15 Bekerja dengan master page layar
9. MENGUASAI TEKS PROPERTIES
9.1 Membedakan artistic dan paragraph text
9.2 Mengenal text tool
9.3 Melakukan editing text
9.4 Mengendalikan kursor dengan tombol keyboard
9.5 Memindahkan teks dengan drag dan drop
9.6 Mengedit teks di kontak teks editor
9.7 Membuat artistic text
9.8 Membuat paragraf teks
9.9 Web comblatible paragraf teks
9.10 Mengonversi arristic teks ke paragrafh text
9.11 Memformat teks melalui kontak dialog
9.12 Format karakter
9.13 Memformat karakter
9.14 Memformat kolom
9.15 Memberi efek pada paragraf
9.16 Memformat teks melalui property bar
9.17 Mengubah filihan defaulet font
9.18 Mengubah susunan huruf
9.19 Bekerja dengan artistic text
9.20 Memecah artistic text
9.21 Mengedit teks melalui shape tool
9.22 Mengonversi teks menjadi kurva
9.23 Bekerja dengan paragraf teks
9.24 Bekerja dengan teks frames
9.25 Mengatur perataan teks dengan objek gambar
9.26 Bekerja dengan teks style
10. MENGHUBUNGKAN TEKS DENGAN OBJEK GAMBAR
10.1 Membahas lebih lanjut link paragrafh teks frame
10.2 Membuat teks yang mengalir pada path
10.3 Menggunakan property bar untuk manset teks yang mengalir pada path
10.4 Memisahkan teks dari path
10.5 Meluruskan kembali teks
10.6 Meletakan teks pada path tertutup
11. MEWARNAI GAMBAR
11.1 Mewarnai outline
11.2 Memilih warna outline dari kotak dialog outline pan
11.3 Memilih warna melalui kontak dialog outline color
11.4 Mengganti setting outline default
11.5 Mengenal warna fill
11.6 Macam macam warna fill
11.7 Menggunakan warna unifrom
11.8 Menggunakan unifrom fill melalui palat warna
11.9 Menggunakan unifrom fill melalui property bar
11.10 Mengenal dan menggunakan warna fountain fill
11.11 Menggunakan faountain fill siap pakai
11.12 Membuat costum fountain fill
11.13 Mengubah atribut fountail fill
11.14 Mengenal dan menggunakan warna patren
11.15 Memodifikasi po;a patteren fill
11.16 Menggunakan warna texture
11.17 Memilih teksture fill lewat property bar
11.18 Menggunakan warna postscript
12. TEKNIK WARNA DIGITAL
12.1 Menggunakan color docker
12.2 Memilih flyout menu option
12.3 Menggunakan color palette beowser
12.4 Mengenal tipe palate
12.5 Mengenal palet palet costum
12.6 Memasang palet sendiri
12.7 Membuat palet sendiri
12.8 Menamai warna sesuai fungsi nya
12.9 Menggunakan color style doocker
12.10 Membuat color child
12.11 Menggunakan color mixer
12.12 Mencampur warna dengan color harmonis
12.13 Mencampur warna dengan color nlend
13. MEMBUAT EFEK DISTOORI
13.1 Distori dengan envelope
13.2 Membuat efek bentuk envelope
13.3 Menggunakan interaktive envelope tool
13.4 Menggunakan envelope docter
13.5 Memilih mode envelope
13.6 Memilih bentuk envelope siap pakai
13.7 Menyunting bentuk envelope siap pakai
13.8 Menyimpan bentuk envelope siap pakai
13.9 Menggunakan opsi envelope mapping
13.10 Membuat envelope dari objek lain
13.11 Meng-copy property dari envelope lain
13.12 Membuat envelope dari objek lain
13.13 Mengembalikan ke bentuk semula
13.14 Menggunakan efek distori
13.15 Menggunakan interactve distortion tool
13.16 Distortion push dan pull
13.17 Distori zipper
13.18 Opsi shapinmg dan sizing pada ziper
13.19 Distori twister
13.20 Menggunakan bentuk bentuk distori siap pakai
13.21 Mengunakan roughen brush
14. EFEK BLEND DAN COUNTER
14.1 Memahami efek blend dan counter
14.2 Blend tool dan property bar
14.3 Membuat blead yang sederhana
14.4 Bagian bagian dari efek blend
14.5 Mengedit hasil efek bleand
14.6 Menggunakan blend docter
14.7 Memahami konsep dari efek counter
14.8 Membuat counter dengan interactive tool
14.9 Nama nama bagian dari caounter interactive
14.10 Memilih counter direction
14.11 Setting warna conter
14.12 Mengatur akselerasi counter
15. EFEK LENSA DAN TRANSPARNSI
15.1 Menggunakan lens docker
15.2 Menggunakan opsi pada lens
15.3 Menggunakan efek tranparmasi
15.4 Memilih type tranparmasi
15.5 Membekukan hasil transpermasi
16. MEMBUAT EFEK BAYANGAN
16.1 Drop shadow tool dan property bar
16.2 Bagian bagian dari efek drop shadow
16.3 Menggunakan opsi opacity dan feathering
16.4 Menggunakan efek drop shadow siap pakai
16.5 Menggunakan shadow sebagai efek sinar
16.6 Memecah antara objek gamabar dan bayangakan
16.7 Meng-copy –kan drop shadow ke objek lain
17. MEMBUAT EFEK 3D
17.1 Menggunakan efek persepektif
17.2 Lebih lanjut memanfaatkan persepektif
17.3 Mengedit efek persepektif
17.4 Menyalin dan menghapus perspektif
17.5 Mengenal exturde
17.6 Mengatur pewarnaan
17.7 Menggunakan extrusion bevel
17.8 Menggunakan mesh fill
18. MENCETAK ARTWORK
18.1 Mencetak dumai
18.2 Menset opsi pada pencetakan
18.3 Mengatur print preview
18.4 Mencetak poster dengan tilang
18.5 Mencetak separasi warna
18.6 Memilih opsi separation
18.7 Double sided printing wizard
18.8 Prepare for service bureu wizard
18.9 Mencetak dengan imposition layout
18.10 Mencetak printer’s marks
18.11 Mencetak ke filem
18.12 Print merge
No other version available