Text
TA-ANALISIS MANAJEMEN KUALITAS PENDIDIKAN STSN MENGGUNAKAN IWA 2:2007
Pendidikan merupakan suatu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang di usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Dengan adanya pendidikan, manusia akan mempunyai cikal bakal guna mengembangkan diri sesuai potensi yang dimilikinya. Di dalam kehidupan, pendidikan memegang peranan yang sangat penting, karena terkait dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). STSN sebagai institusi penyelenggara pendidikan profesional Diploma IV di bidang persandian perlu memastikan bahwasanya tujuan pendidikan yang diselenggarakan dapat meningkatkan kualitas SDM sandi itu sendiri. Demi terciptanya SDM yang berkualitas, maka proses penyelenggaran pendidikannya pun juga harus berkualitas pula. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan diterapkannya sistem manajemen kualitas (SMK). Penerapan SMK dapat melalui berbagai cara seperti, benchmarking, penggunaan standar, ataupun menerapkan best practice. Pada tugas akhir ini penerapan SMK adalah melalui penggunaan standar. Standar yang tersedia bagi penjaminan SMK di bidang pendidikan yaitu diantaranya borang akreditasi BAN PT yang berskala nasional dan dan ISO 9001:2008/IWA 2:2007 yang berskala internasional. Standar yang digunakan pada tugas akhir ini adalah ISO 9001:2008/IWA 2:2007. Penggunaan standar ini akan dapat mengetahui kondisi penyelenggaraan pendidikan STSN dinilai berdasarkan klausul IWA 2:2007. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas proses penyelenggaraan pendidikan jika dinilai dari empat domain yaitu pengguna lulusan, lulusan STSN, mahasiswa serta penyelenggara pendidikan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, wawancara tak terstruktur dan kajian kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan metode statistika parametris dan Gap Analysis dengan acuan persentase gap analysis tools. Dengan menggunakan metode penelitian dan teknik analisis data tersebut, diperoleh hasil bahwa menurut domain pengguna lulusan STSN, STSN sudah dapat menyelenggarakan pendidikan dengan baik, terbukti dari kinerja, kompetensi serta profil para lulusan yang bekerja di unit kerja masing-masing. Menurut domain lulusan, STSN sudah dapat memenuhi kebutuhan dan harapan para mahasiswa yang belajar pada saat itu. Menurut mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan, STSN sudah mampu menyelenggarakan pendidikan dengan baik, terbukti dari pencapaian TIU dari masing-masing mata kuliah dan proses kegiatan belajar mengajar, sedangkan menurut penyelenggara pendidikan jika didasarkan pada IWA 2:2007, proses penyelenggaraan pendidikan sudah menerapkan adanya sistem manajemen kualitas yang terarah, namun implementasinya baru sampai pada tahap terlaksana saja, belum ada tindakan yang mengarah kepada perbaikan dan peningkatan secara berkelanjutan.
No other version available