Politeknik Siber dan Sandi Negara

Knowledge Center of Cybersecurity and Cryptography

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra
Bookmark Share

Text

Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra

Abdul Kadir - Personal Name; Adhi Susanto - Personal Name;

Daftar Isi

Bab 1 Pengantar Pengolahan Citra
1.1. Pengertian Pengolahan Citra
1.2. Aplikasi Pengolahan Citra
1.3. Prinsip Dasar dalam Pengolahan Citra

Bab 2 Pengenalan Dasar Citra
2.1. Representasi Citra Digital
2.2. Kuantisasi Citra
2.3. Kualitas Citra
2.4. Membaca Citra
2.5. Mengetahui Ukuran Citra
2.6. Menampilkan Citra
2.7. Mengenal Jenis Citra
2.8. Mengonversi Menyimpan Citra
2.9. Menyimpan Citra

Bab 3 Operasi Piksel dan Histogram
3.1. Operasi Piksel
3.2. Menggunakan Histogram Citra
3.3. Meningkatkan Kecerahan
3.4. Meregangkan Kontras
3.5. Kombinasi Kecerahan dan Kontras
3.6. Membalik Citra
3.7. Pemetaan Nonlinier
3.8. Pemotongan Aras Keabuan
3.9. Ekualisasi Histogram

Bab 4 Operasi Ketetanggaan Piksel
4.1. Pengertian Operasi Ketetanggaan Piksel
4.2. Pengertian Ketetanggaan Piksel
4.3. Aplikasi Ketetanggaan Piksel pada Filter
4.4. Pengertian Konvulasi
4.5. Problem pada Konvulasi
4.6. Mempercepat Komputasi pada Konvulasi
4.7. Pengertian Frekuensi
4.8. Filter Lolos-Rendah
4.9. Filter Lolos-Tinggi
4.10. Filter High-Boost
4.11. Efek Emboss
4.12. Klasifikasi Filter Linier dan Nonlinier
4.13. Filter Gaussian

Bab 5 Operasi Geometrik
5.1. Pengantar Operasi Geometrik
5.2. Menggeser Citra
5.3. Memutar Citra
5.4. Interpolasi Citra
5.5. Memutar Berdasarkan Sembarang Koordinat
5.6. Memutar Citra Secara Utuh
5.7. Memperbesar Citra
5.8. Memperkecil Citra
5.9. Perbesaran dengan Skala Vertikal dan Horizontal Berbeda
5.10. Pencerminan Citra
5.11. Transformasi Affine
5.12. Efek Ripple
5.13. Efek Twirl
5.14. Transformasi Spherical
5.15. Transformasi Bilinier

Bab 6 Pengolahan Citra di Kawasan Frekuensi
6.1. Pengolahan Citra di Kawasan Spasial dan Kawasan Frekuensi
6.2. Alihragam Fourier
6.3. Fourier 1-D
6.4. Fourier 2-D
6.5. Fast Fourier Transform
6.6. Visualisasi Pemrosesan FFT
6.7. Penapisan pada Kawasan Frekuensi
6.8. Filter Lolos-Rendah
6.9. Filter Lolos-Tinggi
6.10. Pemfilteran dengan Pendekatan High Frequency Emphasis

Bab 7 Morfologi untuk Pengolahan Fourier
7.1. Pengertian Operasi Morfologi
7.2. Matematikan yang Melatarbelakangi
7.3. Operasi Dilasi
7.4. Operasi Erosi
7.5. Bentuk dan Elemen Penstruktur
7.6. Operasi Opening
7.7. Operasi Closing
7.8. Transformasi Hit-or-Miss
7.9. Skeleton
7.10. Thickening
7.11. Convex Hull
7.12. Morfologi Aras Keabuan
7.13. Transformasi Top-Hot
7.14. Transformasi Bottom-Hat

Bab 8 Operasi pada Citra Biner
8.1. Pengantar Operasi Biner
8.2. Representasi Bentuk
8.3. Ekstraksi TEpi Objek
8.4. Mengikuti Kontur
8.5. Kontur Internal
8.6. Rantai Kode
8.7. Perimeter
8.8. Luas
8.9. Diameter
8.10. Fitur Menggunakan Perimeter, Luas, dan Diameter
8.11. Pusat Massa dan Fitur Menggunakan Pusat Massa
8.12. Fitur Dispersi
8.13. Pelabelan Objek

Bab 9 Pengolahan Citra Berwarna
9.1. Dasar Warna
9.2. Ruang Warna
9.3. Memperoleh Statistika Warna
9.4. Mengatur Kecerahan dan Kontras
9.5. Menghitung Jumlah Warna
9.6. Aplikasi Pencarian Citra Berdasarkan Warna Dominan

Bab 10 Segmentasi Citra
10.1. Pengantar Segmentasi Citra
10.2. Deteksi Garis
10.3. Deteksi Tepi
10.4. Peng-ambangan Dwi-Aras
10.5. Peng-ambangan Global vs Lokal
10.6. Peng-ambangan Aras-Jamak
10.7. Peng-ambangan dengan Metode Otsu
10.8. Peng-ambangan Adaptif
10.9. Peng-ambangan Berdasarkan Entropi
10.10. Segmentasi Warna

Bab 11 Restorasi Citra
11.1. Pengantar Restorasi Citra
11.2. Derau dalam Citra
11.3. Jenis Derau
11.4. Penghilangan Derau
11.5. Penghilangan Derau di Kawasan Frekuensi
11.6. Filter Inversi
11.7. Filter Wiener
11.8. Ukuran Keberhasilan Penghilangan Derau

Bab 12 Ekstraksi Fitur Bentuk dan Kontur
12.1. Pengantar Ekstraksi Fitur
12.2. Tanda Tangan Kontur
12.3. Deskriptor Fourier
12.4. Sifat Bundar
12.5. Convex Hull dan Soliditas
12.6. Proyeksi
12.7. Momen Spasial dan Momen Pusat
12.8. Momen Invariant
12.9. Momen Jarak ke Pusat
12.10. Momem Zernike
12.11. Polar Fourier Transform
12.12. Kotak Pembatas

Bab 13 Ekstraksi Fitur Tekstur
13.1. Pengantar Fitur Tekstur
13.2. Kategori Tekstur
13.3. Tekstur Berbasis Histogram
13.4. Tekstur Laws
13.5. Lacunarity
13.6. GLCM

Bab 14 Aplikasi Temu Kembali Citra
14.1. Pengantar Aplikasi Temu Kembali Citra
14.2. Perhitungan Jarak Antara 2 Citra
14.3. Contoh Penerapan Jarak
14.4. Pengembangan Lebih Lanjut





Availability
#
Perpustakaan Poltek SSN (Running Number) 279
000 01444
Available
#
Perpustakaan Poltek SSN (Running Number) 278
000 01560
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
005 ABD T
Publisher
Yogyakarta : ANDI offset., 2013
Collation
xvi.; 639 hlm.; ilus.; 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9789792934304
Classification
005
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Satu
Subject(s)
-
Specific Detail Info
211/2014
Statement of Responsibility
Abdul Kadir
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

Politeknik Siber dan Sandi Negara
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

Perpustakaan Politeknik Siber dan Sandi Negara menyediakan berbagai macam koleksi seperti Buku, Jurnal, Majalah, Koran, Referensi dan Konten Lokal.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?