Text
Java teori, algoritma, dan aplikasi
Bab 1 Mengenal JAVA. 1
1.1 Introduksi 1
1.2 Program Java Pertama. 2
1.3 Memodifikasi Program Anda. 6
1.4 Menampilkan Teks dengan printf 9
1.5 Aplikasi Lain: Menjumlahkan Integer 10
1.6 Konsep Memor 17
1.7 Aritmatika 19
1.8 Pembuatan Keputusan: Operator Ekualitas dan Relasional 24
Kesimpulan 29
Latihan 31
Bab 2 Mengenal Kelas, Objek, Metode, dan String 33
1.1 Introduksi 33
2.2 Mendeklarasikan Suatu Kelas 34
2.3 Mendeklarasikan Suatu Metode dengan Suatu Parameter 40
2.4 Variabel Instans, Metode set, dan Metode get. 46
2.5 Tipe Primitif versus Tipe Referensi 54
2.6 Menginisialisasi Objek Dengan Konstruktor. 55
2.7 Bilangan Titik-Mengambang dan Tipe double 60
2.8 GUI dan Studi Kasus Grafik: Menggunakan Kotak Dialog 66
Kesimpulan 70
Latihan 71
Bab 3 Statemen Kendali 75
3.1 Introduksi 75
3.2 Algoritma 76
3.3 Pseudocode 76
3.4 Struktur Kendali 77
3.5 Statemen if Seleksi-Tunggal 78
3.6 Statemen if...else Seleksi-Ganda 80
3.7 Statemen Repetisi while 86
3.8 Algoritma: Repetisi Terkendali-Kounter 88
3.9 Algoritma: Repetisi Terkendali-Sentinel 95
3.10 Algoritma: Statemen Kendali Bersarang 105
3.11 Operator Penugasan Gabungan 111
3.12 Operator Inkremen dan Dekremen 112
3.13 GUI Menciptakan Gambar Sederhana 116
Kesimpulan 120
Latihan 121
Bab 4 Lebih Lanjut Tentang Statemen Kendali 125
4.1 Introduksi 125
4.2 Esensi Repetisi Terkendali-Kounter 126
4.3 Statemen Repetisi for 128
4.4 Beberapa Contoh Penggunaan Statemen for 132
4.5 Statemen Repetisi do...while 138
4.6 Statemen Seleksi-Jamak switch 140
4.7 Statemen break dan continue 150
4.8 Operator Logikal 152
4.9 Simpulan Pemrograman Terstruktur 161
4.10 GUI dan Studi Kasus Grafik: Menggambar Persegi-Panjang dan oval 164
Kesimpulan 168
Latihan 169
Bab 5 Metode 171
5.1 Introduksi 171
5.2 Modul Program dalam Jawa 172
5.3 Metode static, Bidang static, dan Kelas Math 174
5.4 Mendeklarasikan Metode dengan Parameter Jamak 176
5.5 Catatan Pendeklarasian dan Penggunaan Metode 181
5.6 Rekaman Aktivasi dan Tumpukan Pemanggilan Metode 181
5.7 Casting dan Promosi Argumen 183
5.8 Paket Java API 184
5.9 Studi Kasus: Pembangkitan Bilangan Acak 186
5.10 Studi Kasus: Permainan Peluang: Mengenalkan Enumeras 193
5.11 Skop Deklarasi 199
5.12 Overloading Metode 203
5.13 GUI dan Studi Kasus Grafik: Warna dan Bangun 206
Kesimpulan 209
Latihan 210
Bab 6 Array dan ArrayList 213
6.1 Introduksi 213
6.2 Array 214
6.3 Mendeklarasikan dan Menciptakan Array 216
6.4 Contoh Penggunaan Array 217
6.5 Studi Kasus: Pengacakan Kartu 230
6.6 Statemen for Terperbaik 237
6.7 Melewatkan Array Kepada Metode 238
6.8 Studi Kasus: Kelas BukuNilai Menggunakan Array 242
6.9 Array Multidimensi 250
6.10 Studi Kasus Kelas BukuNilai Menggunakan Array Dua Dimensi 256
6.11 Daftar Argumen Panjang-Variabel 264
6.12 Menggunakan Argumen Command-Line 266
6.13 Kelas Arrays 269
6.14 Pengenalan Collections dan Kelas ArrayList 273
6.15 GUI Menggambar Busur 277
Kesimpulan 281
Latihan 283
Bab 7 Kelas dan Objek 285
7.1 Introduksi 285
7.2 Studi Kasus Kelas Waktu 286
7.3 Mengendalikan Akses ke Anggota 292
7.4 Merujuk Anggota Objek Sekarang dengan Referensi this 293
7.5 Studi Kasus Kelas Waktu: Konstruktor Teroverload 297
7.6 Catatan: Metode set dan get 305
7.7 Komposisi 307
7.8 Enumerasi 312
7.9 Anggota-Anggota static Suatu Kelas 316
7.10 Impor static 321
7.11 Menciptakan Paket 322
7.12 Akses Paket 326
7.13 GUI 329
Kesimpulan 333
Latihan 334
Bab 8 Pewarisan 337
8.1 Introduksi 337
8.2 Superkelas dan Subkelas 339
8.3 Anggota protected 342
8.4 Relasi Antara Superkelas dan Subkelas 343
8.5 Konstruktor di dalam Subkelas 375
8.6 Kelas Object.. 376
8.7 GUI: Menampilkan Citra dan Teks Menggunakan Label 378
Bab 9 Polimorfisme 383
9.1 Introduksi 383
9.2 Conto Polimorfisme 387
9.3 Mendemonstrasikan Waktak Polimorfik 388
9.4 Metode dan Kelas Abstrak 393
9.5 Studi Kasus: Sistem Penggajian Menggunakan Polimorfisme 396
9.6 Studi Kasus: Menciptakan dan Menggunakan Antarmuka 417
Kesimpulan 433
Latihan 434
Bab 10 Penanganan Eksepsi 437
10.1 Introduksi 437
10.2 Contoh: Pembagian Oleh Nol Tanpa Penanganan Eksepsi 438
10.3 Contoh: Penanganan ArithmeticException dan InputMismatchException 441
10.4 Hirarki Eksepsi Jawa 448
10.5 Blok finally 449
10.6 Penguraian Tumpukan dan Mendapatkan Informasi dari Objek Eksepsi 454
10.7 Eksepsi Berantai 458
Kesimpulan 461
Latihan 462
Bab 11 String dan Karakter 463
11.1 Introduksi 463
11.2 Dasar Karakter dan String 464
11.3 Kelas String 465
11.4 Kelas StringBuilder 484
11.5 Kelas Character 494
No copy data
No other version available