CD-ROM
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara Tahun Akademik 2010/2011
Abstrak
Salah satu upaya untuk memperoleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas adalah dengan menyelenggarakan pendidikan dan salah satu indikator tingkat keberhasilan suatu institusi pendidikan adalah melalui prestasi hasil belajar peserta didiknya. Demikian pula dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) sebagai institusi penyelenggara pendidikan profesional Diploma IV di bidang persandian bertujuan untuk menghasilkan SDM persandian yang berkualitas. Namun, jika dilihat dari prestasi hasil belajar mahasiswanya serta jika dilihat dari tingkat kelulusan mahasiswa di akhir masa pendidikan (wisuda) maupun sebelum wisuda (kelulusan persemester) menunjukkan hasil yang kurang optimal. Berdasarkan data tahun 2011, Lemsaneg melalui Renstra Tahun 2010-2014 menentukan standar nilai Indeks Prestasi rata-rata mahasiswa STSN sebesar 2,70. Namun, sebanyak 33 mahasiswa atau 21,71% mahasiswa STSN memperoleh nilai Indeks Prestasi Semester (IPS) di bawah standar yang ditetapkan tersebut. Pada semester yang sama, diketahui pula sebanyak 52 mahasiswa atau sebesar 34,21% mahasiswa STSN memperoleh nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kurang dari 2,70. Jika dilihat dari tingkat kelulusan mahasiswa STSN dari angkatan I hingga IX, total mahasiswa yang mengalami drop out (tidak lulus) telah mencapai 41 mahasiswa atau sebesar 11,36%.
Oleh karena itu, usaha untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa STSN perlu untuk dilakukan. Sebagai langkah awal, dilakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa STSN TA 2010/2011 dengan metode eksploratif-kuantitatif melalui pendekatan cross-sectional. Penelitian ini memanfaatkan data primer berupa kondisi umum
kesehatan, minat belajar, motivasi belajar, pendekatan belajar, keadaan keluarga, persepsi mahasiswa terhadap lingkungan non-sosial kampus dan persepsi mahasiswa terhadap lingkungan sosial kampus dari 152 mahasiswa STSN yang tersebar dalam empat tingkat dan data sekunder berupa nilai IPS dan tingkat kecerdasan.
Proses analisis data menggunakan regresi linier berganda sehingga diperoleh hasil berupa model terbaik prestasi belajar mahasiswa STSN sebagaimana berikut ini :
Prestasi belajar = -3,623 + 0,022*Kondisi Umum Kesehatan(X1) + 0,034*Minat Belajar(X3) + 0,081*Motivasi Belajar(X4) + 0,027*Pendekatan Belajar(X5) + 0,021*Keadaan Keluarga(X6) + 0,053*Persepsi Lingkungan Non Sosial Kampus(X7) + 0,013*Persepsi Lingkungan Sosial Kampus(X8).
Variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa STSN TA 2010/2011 adalah motivasi belajar, kondisi umum kesehatan, minat belajar, pendekatan belajar, keadaan keluarga, persepsi mahasiswa terhadap lingkungan non-sosial kampus dan persepsi mahasiswa terhadap lingkungan sosial kampus. Sedangkan variabel yang tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa STSN TA 2010/2011 adalah tingkat kecerdasan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diberikan rekomendasi yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa STSN dengan cara meningkatkan keadaan variabel-variabel yang secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa STSN, terutama faktor-faktor yang memungkinkan dilakukannya intervensi yaitu motivasi belajar, kondisi umum kesehatan, minat belajar, pendekatan belajar yang digunakan, keadaan keluarga, persepsi mahasiswa terhadap lingkungan non-sosial kampus dan persepsi mahasiswa terhadap lingkungan sosial kampus.
xix + 131 halaman + 31 lampiran (2011)
Kata Kunci : Faktor (1), Prestasi Belajar (2), Regresi Linier Berganda (3)
No copy data
No other version available