CD-ROM
Evaluasi Kurikulum Susba Sandi dan Intelijen Berdasarkan Kebutuhan Kompetensi TNI
Dalam menyelenggarakan pendidikan, suatu lembaga pendidikan
melaksanakan program-program studi sesuai dengan kurikulum yang disusun
berdasarkan kompetensi yang telah ditetapkan. Kompetensi tersebut pun harus
sesuai dengan kebutuhan organisasi. Begitu juga dengan Satinduk Bais TNI yang
dalam hal ini sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan
Intelijen dan Persandian TNI, juga memiliki kompetensi lulusan dimana
kompetensi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu
penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi apakah kurikulum
Susba Sandi dan Intelijen di Satinduk Bais TNI sudah sesuai dengan kompetensi
Bintara Sandi sebagai Ahli Sandi Tingkat I.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif dan deskriftif dengan pendekatan kualitatif,
sedangkan model penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Secara keseluruhan,
metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah dengan menggunakan
Discrepancy model yaitu evaluasi model kesenjangan untuk mengetahui
kesesuaian antara standar yang sudah ditentukan dalam program kinerja
sesungguhnya dari program tersebut. Hasil dari discrepancy model dapat
digunakan sebagai masukan bagi Satinduk Bais TNI untuk mengevaluasi
kurikulum pendidikan Susba Sandi sebagai penyelenggara pendidikan sandi TNI,
dan masukan bagi Lemsaneg RI sebagai Pembina tunggal persandian nasional.
Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa kurikulum yang dijadikan
acuan sesuai kompetensi menunjukkan kesesuaian dengan kebutuhan kompetensi
TNI.
ix + 151 halaman + 9 lampiran (2010)
Kata Kunci : Discrepancy Model (1), Evaluasi (2), Kompetensi (3), Kurikulum
(4), Satinduk Bais TNI (5).
No copy data
No other version available