Text
Scratch for arduino (S4A): panduan untuk mempelajari elektronika dan pemrograman
Buku ini mengupas elektronika dan pemrograman, dengan menggunakan Scratch for Arduino, sangat cocok dipakai oleh pelajar atau siapa saja yang ingin belajar elektronika sambil mempraktikkannya dan sekaligus belajar cara memprogram.
Daftar Isi:
BAB 1 Pengenalan Arduino, Scratch, dan Scratch for Arduino
1.1 Arduino
1.2 Scratch
1.3 Scratch for Arduino
1.4 Instalasi Perangkat Lunak
1.4.1 Instalasi Arduino IDE
1.4.2 Mengunggah File S4Afirmware16
1.4.3 Instalasi Scratch for Arduino
1.5 Lingkungan Scratch for Arduino
1.6 Pembuatan Skrip
1.7 Penyimpanan Proyek
1.8 Eksekusi Skrip
BAB 2 Dasar Scratch for Arduino
2.1 Pemahaman Skrip
2.2 Mempercepat atau Memperlambat Kedipan
2.3 Menyimpan Perubahan Skrip
2.4 Mengakhiri Scratch for Arduino
2.5 Memanggil Scratch for Arduino
2.6 Membuat Proyek Baru
2.7 Memodifikasi-Skrip
2.8 Mengatur Sprite
2.9 Menggunakan Gambar Sendiri Berupa LED Hidup dan Mati
2.10 Menggunakan Benders
BAB 3 Percobaan dengan LED Eksternal
3.1 Pengenalan Bahan Percobaan
3.1.1 Breadboard
3.1.2 LED
3.1.3 Resistor
3.1.4 Kabel untuk Eksperimen
3.2 Penyusunan Rangkaian
3.3 Pembuatan Proyek dan Skrip
3.4 Proyek dengan Tiga LED
3.5 Proyek dengan LED RGB
BAB 4 Penggunaan Pin Analog
4.1 Pengertian Pin Analog
4.2 Proyek LED dan LDR
4.3 Pengaturan Intensitas LED dengan Potensiometer
4.4 Bak Api yang Membara
4.5 Pembacaan Suhu
4.6 Pengukuran Tegangan DC
BAB 5 Germain-main dengan “Jika”
5.1 Jika Punya Peran Penting, Lho!
5.2 Mengontrol LED dengan Perintah HIDUP atau MATT
5.3 Mengontrol LED dengan Tombol
5.4 Aplikasi dengan PIR
BAB 6 Pengendalian Motor DC
6.1 Pengenalan Motor DC
6.2 Penyusunan Rangkaian dengan Motor DC
6.3 Putaran Motor DC Bisa Dibalik
6.4 Mengatur Kecepatan Motor DC
6.5 Pengenalan Motor Servo
6.6 Pengujian Motor Servo
6.7 Motor Servo dan LDR
6.8 Penggunaan Motor Direction dan Motor Off
BAB 7 Berinteraksi dengan Suara
7.1 Penanganan Suara di Sisi Komputer
7.2 Sensor E18-D80NK untuk Mendeteksi Keberadaan Orang di Depan Pintu
BAB 8 Bermain-main dengan Efek
8.1 Bermain-main dengan Background
8.2 Pengubahan Warna
8.3 Pengaturan Kecerahan Warna Latar Belakang
8.4 Penggunaan Mosaik pads Latar Belakang
8.5 Efek Hantu pads Sprite 8.6 Efek Mata lkan
8.7 Efek Whirl
8.8 Efek Pixelate
8.9 Pengubahan Latar Belakang
8.10 Warna Sprite yang Dikendalikan oleh LDR
BAB 9 Penggunaan Variabel
9.1 Pengenalan Variabel
9.2 Saklar On-Off Secara Bergantian
9.3 Ohmmeter
9.4 Penggunaan Sensor Jarak Inframerah
BAB 10 Pemanfaatan List
10.1 Pengenalan List
10.2 Penambahan Nilai ke List
10.3 Penampilan Nilai di List Satu Per Satu
BAB 11 Berkomunikasi Antarobjek
11.1 Pengenalan Komunikasi Antarobjek
11.2 Simulasi Lampu Lalu Lintas
11.3 Komunikasi Latar Belakang dan Sprite Arduino
BAB 12 Aneka Eksperimen
12.1 Eksperimen defigan Sensor Magnetik
12.2 Eksperimen dengan Saklar Sentuh
12.3 Eksperimen dengan Sensor Kelembapan Tanah
12.4 Eksperimen dengan Sensor Suara
Daftar pustaka
No other version available