Data mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basis data. Informasi diperoleh dengan cara mengekstraksi dan mengenali pola data yang terdapat pada basis data.Buku ini berisi ringkasan-ringkasan dari mulai materi konsep data mining, teknik klasifikasi decision tree, support vector machine, teorema bayes…
Daftar Isi Bab 1. Pendahuluan 1.1. Perangkat Lunak 1.2. Rekayasa Perangkat Lunak 1.3. Proses Rekayasa Perangkat Lunak 1.4. Teknologi Informasi Sosial Bab 2. Analisis dan Desaian Sistem 2.1. Definisi Analisis Sistem 2.2. Teknik Pengumpulan Data 2.3. Jenis Kebutuhan 2.4. Definisi Desain Sistem Bab 3. SDLC 3.1. Pengertian SDLC 3.2. Model SDLC Bab 4. Basis Data 4.1. Pengertia…
Sekarang ini pengembangan perangkat lunak tidak bisa lepas dari aspek keamanannya yang menjadi penekanan pada Secure Software Development Lifecycle (SSDLC). Karena ada ada beberapa penyebab misalnya : mengidentifikasi dan memperbaiki masalah keamanan setelah aplikasi dirilis biasanya lebih mahal dan memakan waktu dibandingkan menangani masalah tersebut selama pengembangan. Bahkan Pelanggaran …
Rekayasa sosial masih dianggap sebagai salah satu serangan yang paling mengancam di dunia digital. Salah satu pertahanan terbaik dari rekayasa sosial dimulai dari edukasi. Karena penting untuk menyajikan edukasi dengan cara yang menarik minat, penelitian ini mengajukan sebuah permainan kartu dengan konsep attack-defense untuk edukasi rekayasa sosial. Permainan kartu menerapkan konsep multiplaye…
Salah satu program komputasi statistik yang sangat populer dewasa ini adalah SPSS. Buku ini dirancang secara ringkas dan praktis menyajikan cara - cara mengolah data, dimulai dari data mentah sampai kepada pengambilan kesimpulan. Buku ini disediakan guna memenuhi kebutuhan untuk pembelajaran SPSS, dibuat untuk merangsang minat riset sejak dini mahasiswa pada perguruan tinggi dan mempersiapkan p…
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi mendorong bangkitnya industri kreatif di Indonesia dengan munculnya pengembang-pengembang permainan video lokal. Namun, ancaman serangan terhadap permainan-permainan tersebut akan ada dengan memanfaatkan kerawanan yang terdapat di dalam permainan. Oleh karena itu, pengembang permainan video dituntut agar dapat mengamankan permainannya dari kerawan…
Daftar isi: 1 Pendahuluan 1.1 Perangkat Lunak 1.2 Rekayasa Perangkat Lunak 1.3 Proses Rekayasa Perangkat Lunak 1.4 Teknologi Informasi Sosial 2 Analisis dan Desain Sistem 2.1 Definisi Analisis Sistem 2.2 Teknik Pengumpulan Data 2.3 Jenis Kebutuhan 2.4 Definisi Desain Sistem 3 SDLC 3.1 Pengertian SDLC 3.2 Model SDLC 4 Basis Data 4.1 Pengerti…
Daftar isi: BAB 1: Lingkungan netbeans IDE 5.0 1.1. Instalasi 1.2. Menjalankan netbeans IDE 5.0 1.3. Memulai proyek BAB 2: Graphical user intervace 2.1. MIDlet 2.2. Display 2.3. Event handling BAB 3: Record management store 3.1. Persistent storage 3.2. Melakukan sorting pada record 3.3. Melakukan searching pada record BAB 4: HTTP connection 4.1. Clien request 4.2. Request…
Daftar isi: BAB 1 Pendahuluan BAB 2 Instalasi java dan netbeans BAB 3 Dasar-dasar pemrograman java BAB 4 Menyiapkan database BAB 5 Pengenalan SQL BAB 6 Membuat aplikasi berbasis database sederhana BAB 7 Contoh pembuatan aplikasi java berbasis database