Text
Studi kerawanan perangkat lunak pada permainan MMORPG: studi kasus pada Pwn Adventure 3
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi mendorong bangkitnya industri kreatif di Indonesia dengan munculnya pengembang-pengembang permainan video lokal. Namun, ancaman serangan terhadap permainan-permainan tersebut akan ada dengan memanfaatkan kerawanan yang terdapat di dalam permainan. Oleh karena itu, pengembang permainan video dituntut agar dapat mengamankan permainannya dari kerawanan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk membahas dan mendeskripsikan kerawanan perangkat lunak dan teknik eksploitasinya serta dampak yang ditimbulkannya pada permainan MMORPG, yang dalam penelitian menggunakan Pwn Adventure 3. Terdapat beberapa teknik penemuan kerawanan perangkat lunak, seperti systematic manual testing, test-case based testing, serta exploratory manual testing. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah exploratory manual testing karena dianggap efektif dan paling cocok untuk studi kasus ini yang tidak memiliki dokumen test-case dari obyek yang hendak diuji. Kelemahan-kelemahan yang telah diidentifikasi akan dianalisis lebih lanjut dan dipetakan ke dalam CWE. Sedangkan teknik serangan yang dilakukan terhadap kelemahan yang ditemukan akan dipetakan ke dalam CAPEC. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kerawanan perangkat lunak yang ada di dalam permainan menyebabkan kebocoran data komunikasi antara client dan server, memungkinkan penyerang melakukan injeksi paket serta membuat program ilegal untuk mengambil keuntungan di dalam permainan.
No copy data
No other version available