Text
Implementasi teknik gamifikasi berbasis Android dalam peningkatan kesadaran keamanan siber
Rekapitulasi serangan siber yang diterbitkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara
menunjukkan jumlah serangan yang diterima pada awal tahun 2020 berjumlah
sekitar 88 juta serangan. Sebanyak 43% serangan tersebut merupakan bentuk
serangan information gathering. Dalam mencegah serangan information gathering
tersebut, maka diperlukan suatu cara untuk meningkatan kesadaran keamanan
siber. Oleh karena itu, dilakukan penelitian terkait penerapan gamifikasi edukasi
kesadaran keamanan siber untuk meningkatkan kesadaran keamanan siber pada
masyarakat. Aplikasi gamifikasi SadarSiber ini dibuat dalam bentuk permainan
quiz dengan menerapkan SDLC Personal Xtreme Programming. Dari hasil
kuesioner yang disebarkan pada responden, dapat disimpulkan bahwa aplikasi
gamifikasi SadarSiber dapat memberikan informasi untuk meningkatkan
kesadaran keamanan siber dan mencegah pengguna untuk menyerahkan data diri
kepada pihak yang tidak dikenal.
No copy data
No other version available