Text
Implementasi kendali akses dengan otentikasi 2 faktor dan otomatisasi layanan pada pengelolaan layanan ruangan pendukung akademik
Ruangan pendukung akademik memiliki layanan ruangan yang dapat digunakan oleh stakeholder untuk menunjang kebutuhan akademik. Layanan ruangan pendukung akademik antara lain akses masuk ruangan, pencatatan kunjungan, serta peminjaman dan pengembalian aset ruangan. Pengelolaan layanan ruangan yang masih konvensional dan manual menjadi permasalahan pada penelitian ini. Penelitian ini melakukan pembangunan perangkat otomatisasi layanan pada pengelolaan layanan ruangan pendukung akademik dan implementasi kendali akses masuk ruangan berdasarkan pengelolaan layanan ruangan pendukung akademik yang masih konvensional. Standarisasi sistem juga dilakukan untuk menjawab evaluasi performa berdasarkan standar ISO 55000. Sistem terdiri dari perangkat akses kontrol masuk ruangan dan perangkat pengelolaan layanan ruangan. Perangkat akses kontrol dibangun pada mikrokontroler ESP32 yang diintegrasikan dengan modul otentikasi 2 faktor yaitu MFRC52 RFID dan Adafruit fingerprint. Perangkat pengelolaan layanan ruangan dibangun pada Raspberry Pi 4 Model B yang diintegrasikan dengan MFRC522 RFID dan Raspberry Pi Camera. QR-code digunakan sebagai metode mengidentifikasi aset. Perangkat terhubung dengan Google Firebase realtime database sebagai cloud database. Data pengguna tersimpan secara terenkripsi pada database menggunakan algoritma AES-GCM 128. Survey dan User Acceptance Test (UAT) dilakukan untuk memastikan perangkat otomatisasi layanan sudah sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Self assessment juga dilakukan berdasarkan ISO 55000 mengenai evaluasi performa untuk memberikan perhitungan dan standarisasi sistem mengenai evaluasi performa. Berdasarkan hasil survey dan UAT yang diberikan kepada 15 orang sampel pengguna didapati bahwa perangkat otomatisasi ini sudah menjalankan fungsinya dengan berhasil sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Perhitungan self assessment terhadap perangkat otomatisasi memiliki persentase assessment score sebesar 52% dengan indikator merah, yang berarti kekurangan sistem otomatisasi pengelolaan layanan ruangan belum dapat diketahui secara menyeluruh dan belum terdapat pengelolaan layanan ruangan yang baik menurut ISO 55000 mengenai evaluasi performa. --
Academic support rooms have room services that can be used by stakeholders to support academic needs. Academic support room services include room entry access, visit recording, as well as borrowing and returning room assets. Room service management which is still conventional and manual is a problem in this study. This study develops a service automation device for managing academic support room services and implementing room entry access control based on conventional academic support room service management. System standardization is also carried out to answer performance evaluations based on the ISO 55000 standard. The system consists of room access control devices and room service management devices. The access control device is built on the ESP32 microcontroller which is integrated with a 2-factor authentication module, namely MFRC52 RFID and Adafruit fingerprint. Room service management device is built on Raspberry Pi 4 Model B which is integrated with MFRC522 RFID and Raspberry Pi Camera. QR-code is used as a method of identifying assets. The device is connected to the Google Firebase realtime database as a cloud database. User data is stored encrypted in the database using the AES-GCM 128 algorithm. Surveys and User Acceptance Tests (UAT) are carried out to ensure that the service automation tools are in accordance with the needs of stakeholders. Self-assessment is also carried out based on ISO 55000 regarding performance evaluation to provide calculation and standardization of the system regarding performance evaluation. Based on the results of the survey and UAT given to 15 samples of users, it was found that this automation device has carried out its functions successfully according to the needs of stakeholders. Based on the results of the self-assessment, it was found that this automation device has an assessment score percentage of 52% with a red indicator, which means that the shortcomings of the automation system for managing room services have not been fully identified and there is no good room service management according to ISO 55000 regarding performance evaluation.
No copy data
No other version available