Text
Implementasi Teknologi Augmented Reality untuk Media Edukasi Kriptografi
Abstrak: Kriptografi sering kali dianggap rumit dan sulit dipelajari karena melibatkan konsep-konsep matematis yang kompleks dan abstrak. Media serta metode pembelajaran yang tersedia saat ini belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam menyampaikan materi yang kompleks ini. Pendekatan konvensional sering kali kurang interaktif dan kurang menarik bagi peserta didik, yang dapat menghambat proses pembelajaran. Di sisi lain, teknologi Augmented Reality (AR) telah terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang interaktif dan mudah diakses, menawarkan cara baru dalam menyampaikan materi yang kompleks secara visual dan dinamis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Android yang mengintegrasikan teknologi AR sebagai media edukasi kriptografi serta mengevaluasi dampak penerapannya terhadap pemahaman kriptografi di kalangan masyarakat umum. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, sebuah kerangka kerja desain instruksional sistematis yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Selain itu, penelitian ini juga mengintegrasikan prinsip-prinsip dari Software Development Life Cycle (SDLC) untuk memastikan pengembangan yang tepat dan terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR dapat dijadikan media pembelajaran kriptografi yang interaktif serta mampu meningkatkan pemahaman kriptografi secara signifikan di kalangan pengguna. Selain itu, sistem pembelajaran kriptografi berbasis AR ini diterima dengan sangat baik oleh masyarakat, dengan tingkat penerimaan lebih dari 90% di setiap aspek yang diuji.
No copy data
No other version available