Teks
Analisis Sentimen Opini Masyarakat terhadap Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Menggunakan Data Twitter
BSSN merupakan sebuah organisasi yang mempunyai tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber di Indonesia. Salah satu kegiatan BSSN adalah memonitor perkembangan opini publik terhadap organisasi BSSN, sebagai dasar untuk dapat menentukan strategi kebijakan yang mendukung pencitraan BSSN. Saat ini, memonitor perkembangan opini publik terhadap organisasi BSSN belum dilakukan.
Pada penelitian ini telah dilakukan analisis sentimen media sosial menggunakan data twitter. Hasil penelitian adalah suatu model analisis sentimen menggunakan algoritme naïve bayes yang kemudian digunakan dalam pengolahan data untuk menghasilkan awan kata yang bertujuan mengetahui kata yang paling sering muncul dan nilai reputasi yang menggambarkan sentimen positif dan negatif masyarakat terhadap BSSN. Model klasifikasi yang diajukan memiliki nilai precision sebesar 95.28%, accuracy 95.53% dan recall 99.42%. BSSN memiliki nilai reputasi positif sebesar 93.41%. Kata yang muncul paling banyak adalah kata “tolong” yang menggambarkan pelaporan. Maka dapat disimpulkan bahwa BSSN memiliki lebih banyak opini dengan sentimen positif dan model analisis sentimen yang dibuat sudah dianggap baik dengan data yang digunakan memiliki kesesuaian yang besar.
No copy data
No other version available