Teks
Penyusunan Prosedur Manajemen Insiden Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation dan COBIT 5 pada Pusat Data dan Teknologi Informasi Komunikasi (Pusdatik) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)
Teknologi Informasi saat ini telah berkembang pesat dan penggunaannya sudah menjadi tulang punggung proses bisnis bagi banyak organisasi. Penggunaan teknologi informasi perlu diperhatikan karena dapat terjadi insiden teknologi informasi yang dapat mengakibatkan berhentinya proses bisnis hingga merusak reputasi. Adapun cara untuk mengatasi insiden tersebut adalah menerapkan manajemen insiden.
BSSN adalah salah satu organisasi yang banyak menggunakan teknologi informasi. Teknologi informasi pada BSSN juga tidak luput dari insiden sehingga dibutuhkan penanganan insiden. Penanganan insiden sudah dilakukan namun pelaksanaannya dilakukan tanpa prosedur yang baku sehingga proses berjalan tidak terstruktur, tidak terstandar dan tidak terkontrol.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka pada penelitian ini disusun Prosedur Manajemen Insiden untuk melaksanakan manajemen insiden dengan menggunakan ITIL V3 sebagai panduan untuk membuat prosedur manajemen insiden dan COBIT 5 sebagai kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah Rancangan prosedur Penanganan Insiden pada Hardware, Software dan Jaringan dan Rancangan prosedur Penanganan Insiden Mayor pada Software, Hardware dan Jaringan.
No copy data
No other version available